Piket

Paskibra SMAN 81 mempunyai sebuah sistem untuk menaikkan dan menurunkan bendera merah putih setiap harinya. Ini disebut Piket.

Setiap harinya, ada tiga orang yang bertugas menjadi piket untuk bendera merah putih di SMAN 81. Tugas mereka antara lain sebagai pengerek, penopang, dan pembentang saat menaikkan dan menurunkan bendera, dan bertanggung jawab atas penaikkan dan penurunan bendera. Petugas piket bendera akan menggunakan sebuah ban piket yang akan menunjukan jika dia sedang bertugas sebagai piket bendera.

Ban piket tersebut dipakai di lengan kiri bagian atas. Ban tersebut berwarna biru gelap, dan tertera tulisan PIKET dan lambang Paskibra SMAN 81.




Bendera merah putih dinaikkan oleh tiga petugas piket di hari Senin - Jumat, dan selambat-lambatnya pukul 06.15 setiap paginya. Namun ada waktu-waktu tertentu saat tidak perlu menaikkan bendera, seperti saat cuaca mendung di pagi hari, atau ketika di hari itu ada upacara bendera.

Penurunan bendera merah putih dilakukan saat bel pulang sekolah. Penurunan bendera merah putih ini juga lebih fleksibel dibanding penaikkan. Maksud dari fleksibel adalah bisa dilakukan oleh anggota paskibra lain yang tidak piket di hari itu, namun tetap diutamakan oleh petugas piket hari tersebut.

Petugas piket tidak hanya bertugas untuk menaikkan dan menurunkan bendera. Petugas piket bendera juga diberi tanggung jawab bendera selama satu hari itu. Petugas piket harus selalu menjaga bendera, seperti dari hujan. Petugas piket harus selalu waspada akan cuaca mendung.

Jika di tengah jam pelajaran mulai mendung, petugas piket bisa meminta izin ke gurunya untuk menurunkan bendera. Dan penurunan bendera di tengah jam pelajaran ini fleksibel, yaitu bisa dilakukan oleh anggota paskibra selain petugas piket di hari itu.


Label: