Pelatihan dan Pelantikan Anggota Paskibra Angkatan 2012

Assalamualaikum wr. wb. Salam Paskibra semua!

Sekarang kita mau update kegiatan Paskibra SMAN 81 yang belum lama terlaksana nih. Yaitu, pelatihan dan pelantikan calon anggota Paskibra angkatan 2012 (yang selanjutnya disebut peserta pelatihan). This is it!


Jadi, pelatihannya itu berlangsung selama kurang lebih satu minggu, dengan pelatihan puncak pada hari terakhir, yaitu hari Sabtu tanggal 5 November 2011. Pelatihan dilaksanakan sepulang sekolah. Pelatihannya ada materi ruangan dengan narasumber dari kakak-kakak pengurus sendiri dan juga dari kakak PPI yang sengaja di undang untuk memberi materi ke para peserta pelatihan, dan juga ada materi di lapangan. Pelatihan ini tentunya untuk melatih baik fisik maupun mental para calon anggota Paskibra angkatan 2012. Lebih detailnya, ini dia:

Hari pertama, Senin tanggal 31 Oktober 2011, para peserta pelatihan menerima materi tentang kepemimpinan dan tentang seri. Pengisi materi mengenai kepemimpinan adalah pengurus angkatan 2011, tak lain adalah ketua dan wakil ketua sendiri, yaitu Kak Elza dan Kak Rizki. Sebelumnya para peserta pelatihan lebih dulu diberi materi mengenai seri, di lapangan. Selain untuk memberi tahu tentang apa itu seri dalam arti sesungguhnya, juga memberi tahu tentang fungsi serta bagaimana seri itu sendiri dapat dilakukan atau diberikan, itu semua agar mereka dapat mengerti dan berpikir tentang seri tidak hanya berdasarkan penglihatan dan desas-desus saja, yang selama ini kenyataannya seri masih sering kali dianggap tidak wajar oleh orang yang memang belum mengerti. Materi ini disampaikan oleh kakak-kakak pengurus, seksi Disiplin dan Pengawasan.

Kemudian mereka memasuki ruangan dan menerima materi tentang kepemimpinan. para peserta pelatihan cukup antusias selama menerima materi, mereka juga diharuskan mencatat apa saja yang penting untuk dicatat.




Hari kedua, Selasa tanggal 1 November 2011, materinya tentang pelipatan bendera dan lagu-lagu Paskibra. Ha? Lagu-lagu? Iya bener kok, materi tentang lagu-lagu Paskibra. Jadi, para peserta pelatihan dikenalkan tentang lagu-lagu Paskibra, dari mars Paskibra SMAN 81, mars Siswatama, hingga mars Paskibra Jakarta Timur. Setelah itu para peserta pelatihan beserta kakak-kakak pengurus yang memberi materi maupun yang mengawasi menyanyikan lagu-lagu yang baru diajarkan tersebut bersama-sama.


video


Setelah itu dilanjutkan dengan materi pelipatan bendera oleh kakak-kakak pengurus, seksi Pendidikan dan Pelatihan. Setelah dijelaskan sekilas mengenai bendera, serta teori pelipatan bendera itu sendiri, para peserta pelatihan dibiarkan langsung mempraktikan pelipatan bendera yang telah dijelaskan.

Hari ketiga, hari Kamis tanggal 3 November 2011. Karena setiap hari Rabu terdapat kegiatan Pramuka dari sekolah yang mewajibkan siswa-siswa kelas 1 mengikutinya, sehingga pelatihan pun tidak bisa diadakan pada hari itu.

Pada hari ketiga ini, para peserta pelatihan diberi materi mengenai table manner, yaitu etika dan tata cara makan yang baik dan benar. Pada materi ini, mereka di jelaskan, apa sih table manner? Seperti apa dan bagaimana? Dan sebagainya. Ohiya, sebelumnya mereka sudah diinstruksikan untuk membawa makanan dan minuman, ga berat kok, cuma roti dan susu. Jadi abis dijelasin mereka bisa langsung praktek. Table manner dijadikan sebagai salah satu materi, tentu saja karena table manner itu penting, dan pastinya karena mereka akan membutuhkannya untuk kedepannya nanti baik sehari-hari maupun di dalam Paskibra sendiri.




Setelah segar karena menikmati makanan, para peserta pelatihan pun kembali menerima materi, kali ini tentang Tata Upacara Bendera oleh kakak-kakak pengurus, seksi Pendidikan dan Pelatihan. Banyak pengetahuan yang mereka dapat pada sesi ini, seperti bagaimana tata upacara yang baik dan benar, siapa-siapa saja yang memiliki peran dalam upacara bendera hingga apa saja yang dilarang dan diperkenankan dalam upacara. Mereka juga dipersilahkan bertanya, jika mereka tidak mengerti atau ingin mengetahui sesuatu yang tentunya berhubungan dengan TUB tersebut.

Hari ke empat, Jumat tanggal 4 November 2011.
Materi yang diberikan adalah Kepaskibraan. Nah pengisinya tak lain dan tak bukan adalah kakak dari Purna Paskibraka Indonesia atau PPI Jakarta Timur, Kak Ray. Pada kesempatan ini, Kak Ray dengan berbaik hati menjelaskan tentang seluk beluk Paskibra Jakarta Timur, baik sejarah, tingkatan yang ada dalam Paskibra, hingga diceritakan mengenai kegiatan Siswatama. Tentu saja para peserta pelatihan tidak kalah antusias menerima materi kali ini, dilihat dari cukup aktifnya mereka pada sesi tanya jawab, mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan itu.

Hari ke lima, Sabtu tanggal 5 November 2011. Ini dia saat petihan puncak berlangsung. Dimulai dari pukul 6 pagi. Diawali dengan kegiatan berolahraga pagi yang diadakan di sekitar Kodam, kemudian dilanjutkan dengan sarapan pagi di dalam sekolah, lalu dilanjutkan lagi dengan materi ruangan, yaitu mengenai struktur kepengurusan Paskibra SMAN 81 oleh kakak-kakak pengurus, seksi Hubungan Masyarakat. Pada sesi ini kakak-kakak pengurus memperkenalkan tentang arti pengurus, kepengurusan tahun ini dan tahun sebelumnya, serta sekilas mengenai tugas dan peran pengurus. 

Kemudian berlanjut lagi ke sesi pos. Dimana terdapat empat pos yang harus dilalui para peserta pelatihan. Sebelumnya mereka dibagi menjadi beberapa kelompok dengan setiap kelompok dibimbing oleh kakak-kakak pengurus untuk melalui pos-pos yang terdiri dari pos kerohanian, pos kepaskibraan, pos pbb dan terakhir pos mental serta ideologi. Pada setiap pos, pra peserta pelatihan harus dapat menjawab setiap pertanyaan yang diberikan, juga pada pos PBB harus menjalankan pengujian tentang ilmu PBB yang telah mereka dapatkan sebelumnya. Oh iya, pengujian atau pengetesan tidak hanya berlangsung pada saat mereka berada di pos saja, namun juga selama perjalanan menuju pos-pos tersebut. Kakak-kakak baik pembimbing maupun bukan memberikan sedikit pengujian-pengujian kecil seperti dalam hal tanggung jawab, kepercayaan, keberanian dan juga kepemimpinan. Walaupun dilalui dengan mata tertutup, para peserta pelatihan tetap bersemangat menjalaninya.




Kemudian dilanjutkan dengan ishoma.



Setelah makan siang, para peserta pelatihan mengikuti apel penutupan.


Dan terakhhir... berbasah-basahan!!! Untuk menyegarkan para peserta pelatihan yang kelelahan.....


Dan setelah itu, berakhirlah acara puncak pelatihan calon anggota angkatan 2012! Yeay :D







Label: